Sistem Informasi Eksekutif dan Informasi Bisnis Modern

BAGIKAN:

 

Sistem informasi eksekutif (Executive Information System/EIS) dan sistem informasi bisnis (Business Information System/BIS) adalah dua komponen penting dalam manajemen informasi di organisasi modern. Kedua sistem ini membantu para eksekutif dan manajer dalam mengumpulkan, mengelola, dan menganalisis data untuk mendukung pengambilan keputusan strategis dan operasional. Artikel ini akan membahas secara rinci tentang definisi, komponen, fungsi, manfaat, dan tantangan dari EIS dan BIS serta peran keduanya dalam dunia bisnis.

Pengertian Sistem Informasi Eksekutif (EIS)

Sistem Informasi Eksekutif (EIS) adalah sebuah sistem yang dirancang khusus untuk kebutuhan informasi para eksekutif di sebuah organisasi. EIS memberikan akses mudah dan cepat ke informasi yang relevan dan penting, memungkinkan para eksekutif untuk membuat keputusan strategis yang tepat waktu. EIS seringkali berfokus pada penyediaan data yang sudah diolah dalam bentuk ringkasan, tren, dan analisis yang dapat dengan mudah dipahami dan digunakan oleh para eksekutif.

Komponen Utama EIS

EIS terdiri dari beberapa komponen utama yang bekerja sama untuk menyediakan informasi yang dibutuhkan oleh para eksekutif:

  1. Basis Data: Mengandung data yang relevan dari berbagai sumber internal dan eksternal.
  2. Perangkat Lunak: Aplikasi yang digunakan untuk mengakses, menganalisis, dan menyajikan data.
  3. Pengguna Akhir: Para eksekutif yang menggunakan sistem untuk mengambil keputusan.
  4. Prosedur dan Proses: Langkah-langkah dan metodologi yang digunakan untuk mengumpulkan, memproses, dan menyajikan data.

Fungsi EIS

EIS memiliki beberapa fungsi utama yang membantu eksekutif dalam pengambilan keputusan:

  1. Pemantauan Kinerja: EIS menyediakan informasi real-time mengenai kinerja organisasi, seperti penjualan, produksi, dan keuangan.
  2. Analisis Tren: EIS membantu eksekutif dalam mengidentifikasi dan menganalisis tren pasar dan industri.
  3. Pengelolaan Risiko: EIS menyediakan alat untuk mengidentifikasi dan mengelola risiko yang dapat mempengaruhi organisasi.
  4. Perencanaan Strategis: EIS mendukung proses perencanaan strategis dengan menyediakan data dan analisis yang relevan.
  5. Pengambilan Keputusan: EIS membantu eksekutif dalam membuat keputusan yang didasarkan pada data yang akurat dan terkini.

Manfaat EIS

Implementasi EIS dalam sebuah organisasi dapat memberikan berbagai manfaat, termasuk:

  1. Peningkatan Efisiensi: EIS memungkinkan eksekutif untuk mengakses informasi dengan cepat dan mudah, mengurangi waktu yang dihabiskan untuk mencari dan mengolah data.
  2. Pengambilan Keputusan yang Lebih Baik: Dengan akses ke data yang akurat dan relevan, eksekutif dapat membuat keputusan yang lebih baik dan lebih tepat waktu.
  3. Peningkatan Kolaborasi: EIS memungkinkan para eksekutif untuk berbagi informasi dan bekerja sama dalam pengambilan keputusan.
  4. Peningkatan Kinerja Organisasi: Dengan informasi yang lebih baik, eksekutif dapat mengidentifikasi area yang memerlukan perbaikan dan mengambil tindakan yang tepat untuk meningkatkan kinerja organisasi.

Tantangan dalam Implementasi EIS

Meskipun EIS memiliki banyak manfaat, ada beberapa tantangan yang dihadapi dalam implementasinya:

  1. Biaya: Implementasi EIS memerlukan investasi yang signifikan dalam perangkat keras, perangkat lunak, dan pelatihan.
  2. Ketersediaan Data: EIS memerlukan data yang akurat dan terkini, yang mungkin sulit diperoleh dalam beberapa kasus.
  3. Keamanan Data: Karena EIS mengakses informasi yang sensitif, keamanan data menjadi tantangan penting yang harus diatasi.
  4. Kesesuaian dengan Kebutuhan Pengguna: EIS harus dirancang untuk memenuhi kebutuhan spesifik para eksekutif, yang mungkin memerlukan penyesuaian dan pengembangan khusus.

Pengertian Sistem Informasi Bisnis (BIS)

Sistem Informasi Bisnis (BIS) adalah sebuah sistem yang mengintegrasikan berbagai proses bisnis dan informasi yang diperlukan untuk mendukung operasi sehari-hari dan pengambilan keputusan di seluruh organisasi. BIS mencakup berbagai jenis sistem informasi, termasuk sistem perencanaan sumber daya perusahaan (ERP), sistem manajemen rantai pasokan (SCM), dan sistem manajemen hubungan pelanggan (CRM).

Komponen Utama BIS

BIS terdiri dari beberapa komponen utama yang bekerja sama untuk mendukung operasi bisnis:

  1. Basis Data: Menyimpan informasi yang diperlukan untuk operasi bisnis, seperti data pelanggan, data produk, dan data keuangan.
  2. Perangkat Lunak Aplikasi: Aplikasi yang digunakan untuk mengelola dan mengakses data bisnis, seperti sistem ERP, SCM, dan CRM.
  3. Perangkat Keras: Komputer dan perangkat lainnya yang digunakan untuk menjalankan perangkat lunak BIS.
  4. Pengguna Akhir: Karyawan yang menggunakan sistem untuk mendukung operasi bisnis dan pengambilan keputusan.
  5. Prosedur dan Proses: Langkah-langkah dan metodologi yang digunakan untuk mengelola dan memproses data bisnis.

Fungsi BIS

BIS memiliki berbagai fungsi yang membantu organisasi dalam menjalankan operasi bisnis dan mengambil keputusan:

  1. Otomatisasi Proses Bisnis: BIS membantu dalam mengotomatisasi berbagai proses bisnis, seperti pemrosesan pesanan, manajemen inventaris, dan manajemen keuangan.
  2. Integrasi Data: BIS mengintegrasikan data dari berbagai sumber dan departemen, memungkinkan akses yang lebih mudah dan analisis yang lebih mendalam.
  3. Dukungan Pengambilan Keputusan: BIS menyediakan alat untuk analisis data dan pelaporan, membantu manajer dalam membuat keputusan yang lebih baik.
  4. Pengelolaan Sumber Daya: BIS membantu dalam mengelola sumber daya organisasi, termasuk manusia, bahan, dan keuangan, dengan lebih efisien.
  5. Peningkatan Kinerja Operasional: BIS memungkinkan organisasi untuk mengidentifikasi dan mengatasi masalah operasional, meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

Manfaat BIS

Implementasi BIS dalam sebuah organisasi dapat memberikan berbagai manfaat, termasuk:

  1. Peningkatan Efisiensi Operasional: BIS membantu dalam mengotomatisasi dan mengoptimalkan proses bisnis, mengurangi waktu dan biaya yang diperlukan untuk menjalankan operasi.
  2. Peningkatan Kualitas Data: Dengan mengintegrasikan data dari berbagai sumber, BIS membantu dalam memastikan bahwa data yang digunakan untuk pengambilan keputusan adalah akurat dan terkini.
  3. Peningkatan Respons Terhadap Pelanggan: BIS memungkinkan organisasi untuk merespons permintaan dan kebutuhan pelanggan dengan lebih cepat dan tepat.
  4. Peningkatan Transparansi dan Akuntabilitas: BIS menyediakan alat untuk pelaporan dan analisis yang membantu dalam meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam operasi bisnis.
  5. Peningkatan Fleksibilitas: BIS memungkinkan organisasi untuk lebih mudah beradaptasi dengan perubahan lingkungan bisnis dan kebutuhan pelanggan.

Tantangan dalam Implementasi BIS

Implementasi BIS juga menghadapi beberapa tantangan, termasuk:

  1. Biaya dan Sumber Daya: Implementasi BIS memerlukan investasi yang signifikan dalam perangkat keras, perangkat lunak, dan pelatihan, serta sumber daya yang diperlukan untuk mengelola dan memelihara sistem.
  2. Kompleksitas Sistem: BIS seringkali kompleks dan memerlukan integrasi dengan berbagai sistem lain, yang bisa menjadi tantangan teknis yang signifikan.
  3. Manajemen Perubahan: Implementasi BIS memerlukan perubahan dalam proses bisnis dan cara kerja karyawan, yang bisa menghadapi resistensi dari karyawan.
  4. Keamanan Data: BIS mengakses dan mengelola informasi yang sensitif, sehingga keamanan data menjadi tantangan penting yang harus diatasi.
  5. Kesesuaian dengan Kebutuhan Bisnis: BIS harus dirancang dan diimplementasikan untuk memenuhi kebutuhan spesifik organisasi, yang mungkin memerlukan penyesuaian dan pengembangan khusus.

Peran EIS dan BIS dalam Dunia Bisnis

EIS dan BIS memainkan peran penting dalam dunia bisnis dengan menyediakan alat dan teknologi yang diperlukan untuk mendukung pengambilan keputusan dan operasi bisnis. Berikut adalah beberapa contoh bagaimana EIS dan BIS digunakan dalam berbagai konteks bisnis:

1. Pengambilan Keputusan Strategis

EIS membantu para eksekutif dalam membuat keputusan strategis dengan menyediakan akses cepat dan mudah ke informasi yang relevan. Dengan EIS, eksekutif dapat menganalisis kinerja organisasi, mengidentifikasi tren pasar, dan merencanakan strategi jangka panjang.

2. Manajemen Operasional

BIS membantu dalam manajemen operasional dengan menyediakan alat untuk mengotomatisasi dan mengelola proses bisnis. Dengan BIS, organisasi dapat mengelola inventaris, mengoptimalkan rantai pasokan, dan meningkatkan efisiensi operasional.

3. Manajemen Hubungan Pelanggan

BIS, khususnya sistem CRM, membantu organisasi dalam mengelola hubungan dengan pelanggan. Dengan CRM, organisasi dapat melacak interaksi pelanggan, menganalisis data pelanggan, dan merencanakan strategi pemasaran yang lebih efektif.

4. Manajemen Sumber Daya Manusia

BIS juga digunakan dalam manajemen sumber daya manusia (SDM) untuk mengelola data karyawan, mengotomatisasi proses rekrutmen, dan merencanakan pengembangan karyawan. Dengan BIS, departemen SDM dapat meningkatkan efisiensi dan efektivitas manajemen sumber daya manusia.

5. Manajemen Keuangan

BIS membantu dalam manajemen keuangan dengan menyediakan alat untuk mengelola data keuangan, menghasilkan laporan keuangan, dan mendukung proses perencanaan anggaran. Dengan BIS, departemen keuangan dapat meningkatkan transparansi dan akuntabilitas dalam pengelolaan keuangan.

6. Pengelolaan Risiko

EIS dan BIS membantu organisasi dalam mengidentifikasi dan mengelola risiko yang dapat mempengaruhi operasi dan kinerja. Dengan alat analisis dan pelaporan yang disediakan oleh EIS dan BIS, organisasi dapat merencanakan tindakan mitigasi dan respons yang efektif terhadap risiko.

Kesimpulan

Sistem Informasi Eksekutif (EIS) dan Sistem Informasi Bisnis (BIS) adalah dua komponen penting dalam manajemen informasi di organisasi modern. EIS dirancang khusus untuk kebutuhan informasi para eksekutif, sementara BIS mengintegrasikan berbagai proses bisnis dan informasi yang diperlukan untuk mendukung operasi sehari-hari dan pengambilan keputusan di seluruh organisasi. Kedua sistem ini membantu dalam meningkatkan efisiensi operasional, pengambilan keputusan yang lebih baik, dan pengelolaan sumber daya yang lebih efektif. Meskipun ada tantangan dalam implementasinya, manfaat yang diperoleh dari penggunaan EIS dan BIS sangat besar, menjadikannya alat yang penting dalam dunia bisnis yang kompetitif.


Credit :
Penulis : Danar Dono
Gambar oleh Pexels dari Pixabay

Komentar

PENDIDIKAN

Nama

Data Mining,1,inspirasidigital,3,keamanansiber,5,kecerdasanbuatan,6,Pemodelan dan Simulasi,3,Pemrosesan Pararel,2,Sistem Digital,2,Sistem Informasi,13,teknologiterkini,5,tutorial,3,
ltr
item
NET Media: Sistem Informasi Eksekutif dan Informasi Bisnis Modern
Sistem Informasi Eksekutif dan Informasi Bisnis Modern
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhVMVQs3D17HPrRmlzUS9KwrAKUNRubzW28BK_WYXi-WfS8hwmoty6TmhrNHXcd-PURqOrPGkvbw6JP3-YySGQGyXh0PR1loTPH7MYUSANwqLl70iUbzLhQxHgCN2pqseUdUjqaqhYOvPpSscoGGr19NvuaN0jjtWeDFYNksHytrL316xCvvIRI7AVs2Vj9/s320/analysis-1841158_1280.jpg
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhVMVQs3D17HPrRmlzUS9KwrAKUNRubzW28BK_WYXi-WfS8hwmoty6TmhrNHXcd-PURqOrPGkvbw6JP3-YySGQGyXh0PR1loTPH7MYUSANwqLl70iUbzLhQxHgCN2pqseUdUjqaqhYOvPpSscoGGr19NvuaN0jjtWeDFYNksHytrL316xCvvIRI7AVs2Vj9/s72-c/analysis-1841158_1280.jpg
NET Media
https://www.net.or.id/2024/07/sistem-informasi-eksekutif.html
https://www.net.or.id/
https://www.net.or.id/
https://www.net.or.id/2024/07/sistem-informasi-eksekutif.html
true
2130705995879928761
UTF-8
Tampilkan semua artikel Tidak ditemukan di semua artikel Lihat semua Selengkapnya Balas Batalkan balasan Delete Oleh Beranda HALAMAN ARTIKEL Lihat semua MUNGKIN KAMU SUKA LABEL ARSIP CARI SEMUA ARTIKEL Tidak ditemukan artikel yang anda cari Kembali ke Beranda Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Minggu Senin Selasa Rabu Kamis Jumat Sabtu Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September Oktober November Desember Jan Feb Mar Apr Mei Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec sekarang 1 menit lalu $$1$$ minutes ago 1 jam lalu $$1$$ hours ago Kemarin $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago lebih dari 5 pekan lalu Fans Follow INI ADALAH KNTEN PREMIUM STEP 1: Bagikan ke sosial media STEP 2: Klik link di sosial mediamu Copy semua code Blok semua code Semua kode telah dicopy di clipboard mu Jika kode/teks tidak bisa dicopy, gunakan tombol CTRL+C Daftar isi